RENAISSANCE DAN PENGARUHNYA BAGI KEHIDUPAN UMAT
MANUSIA
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat TUHAN
YME,karena atas berkat, dan rahmatnya kami dapat menyelesaikan pembuatan
makalah ini yang berjudul “RENAISANCE DAN PENGARUHNYA BAGI KEHIDUPAN UMAT
MANUSIA “ dan ucapan terima kasih kami sampaikan untuk ibu anis selaku guru mata
pelajaran sejarah peminatan yang telah membimbing kami dalam proses pembuatan
makalah dan hingga selesainnya makalah ini.
Kami sadar bahwa makalah yang kami
buat itu jauh dari kata sempurna jadi mohon bantuan semua untuk memberikan
kritikan atau saran yang dapat membantu kekerangan kami.
SEKIAN TERIMAKASIH.
1O.NOVEMBER 2014
TTD
PENYUSUN
DAFTAR ISI:
Halaman judul
................................................................. 2
Prakata...............................................................................2
Daftar
isi.............................................................................3
Pendahuluan......................................................................4
Isi..........................................................................................
Penutup...............................................................................
Daftar
pustaka....................................................................
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1
LATAR
BELAKANG
Sejarah
sangat penting diketahui agar dapat diambil pelajaran bagi masa depan, jadi
kami membuat makalah ini agar memudahkan para pelajar untuk memahami materi
yang akan kami sajikan.
1.2
Ruang
lingkup penelitian
Penelitian
ini mencangkup materi pembahasan mengenai Renaisance dan pengaruhnya bagi
kehidupan manusia.
1.3
TUJUAN DAN
MANFAAT
1. Untuk membantu pelajar memahami materi yang ada
2. Untuk mengembangkan pengetahuan pelajar
ISI
PEMBAHASAN
1. Pengertian dan Latar Belakang Renaissance
Renaissance berasal dari bahasa Perancis yaitu dari
dua suku kata Re + Sance, yang berarti kembalinya sains atau lahirnya kembali
kebudayaan Yunani-Romawi dari masa kegelalapan.
Latar belakang dari Renaissance adalah Eropa mengalami
masa kegegelan karena kepentingan pemikiran yang dikusai oleh para pemimpin
Gereja. Middle Age merupakan zaman dimana Eropa sedang mengalami masa
suram. Berbagai kreativitas sangat diatur oleh gereja. Dominasai gereja sangat
kuat dalam berbagai aspek kehidupan. Agama Kristen sangat mempengaruhi berbagai
kebijakan yang dibuat oleh pemerintah. Seolah raja tidak mempunyai kekuasaan,
justru malah gereja lah yang mengatur pemerintahan. Berbagai hal diberlakukan
demi kepentingan gereja, tetapi hal-hal yang merugikan gereka akan mendapat
balasan yang sangat kejam. Contohnya, pembunuhan Copernicus mengenai teori tata
surya yang menyebutkan bahwa matahari pusat dari tata surya, tetapi hal ini
bertolak belakang dari gereja sehingga Copernicus dibunuhnya.
Pemikiran manusia pada Abad Pertengahan ini mendapat
doktrinasi dari gereja. Hidup seseorang selalu dikaitkan dengan tujuan akhir
(ekstologi). Kehidupan manusia pada hakekatnya sudah ditentukan oleh Tuhan.
Maka tujuan hidup manusia adalah mencari keselamatan. Pemikiran tentang ilmu
pengetahuan banyak diarahkan kepada theology. Pemikiran filsafat berkembang
sehingga lahir filsafat scholastik yaitu suatu pemikiran filsafat yang
dilandasi pada agama dan untuk alat pembenaran agama. Oleh karena itu disebut Dark
Age atau Zaman Kegelapan.
Dengan adanya berbagai pembatasan yang dilakukan pihak
pemerintah atas saran dari gereja maka timbulah sebuah gerakan kultural, pada
awalnya merupakan pembaharuan di bidang kejiwaan, kemasyarakatan, dan
kegerejaan di Italia pada pertengahan abad XIV. Sebelum gereja mempunyai peran
penting dalam pemerintahan, golongan ksatria hidup dalam kemewahan, kemegahan,
keperkasaan dan kemasyuran. Namun, ketika dominasi gereja mulai berpengaruh
maka hal seperti itu tidak mereka peroleh sehingga timbullah semangat
renaissance.
Renaissance muncul dari timbulnya kota-kota dagang
yang makmur akibat perdagangan mengubah perasaan pesimistis (zaman Abad
Pertengahan) menjadi optimistis. Hal ini juga menyebabkan dihapuskannya
system stratifikasi sosial masyarakat agraris yang feodalistik. Maka kebebasan
untuk melepaskan diri dari ikatan feodal menjadi masyarakat yang bebas.
Termasuk kebebasan untuk melepaskan diri dari ikatan agama sehingga menemukan
dirinya sendiri dan menjadi focus kemajuan. Antroposentrisme menjadi
pandangan hidup dengan humanisme menjadi pegangan sehari-hari. Selain itu adanya dukungan dari keluarga saudagar kaya
semakin menggelorakan semangat Renaissance sehingga menyebar ke seluruh
Italia dan Eropa.
2. Karakteristik Renaissance
Renaissance merupakan titik awal dari sebuah peradaban
modern di Eropa. Essensi dari semangat Renaissance salah satunya adalah
pandangan manusia bukan hanya memikirkan nasib di akhirat seperti semangat Abad
Tengah, tetapi mereka harus memikirkan hidupnya di dunia ini. Renaissance
menjadikan manusia lahir ke dunia untuk mengolah, menyempurnakan dan menikmati
dunia ini baru setelah itu menengadah ke surga. Nasib manusia di tangan
manusia, penderitaan, kesengsaraan dan kenistaan di dunia bukanlah takdir Allah
melainkan suatu keadaan yang dapat diperbaiki dan diatasi oleh kekuatan manusia
dengan akal budi, otonomi dan bakat-baktnya. Manusia bukan budak melainkan
majikan atas dirinya. Inilah semangat humanis, semangat manusia baru yang oleh
Cicero dikatakan dapat dipelajari melalui bidang sastra, filsafat, retorika,
sejarah dan hukum.
Dengan semakin kuatnya Renaissance sekularisasi
berjalan makin kuat. Hal ini menyebabkan agama semakin diremehkan bahkan kadang
digunakan untuk kepentingan sekulerisasi itu sendiri. Semboyan mereka “religion
was not highest expression of human values”. Bahkan salah seorang yang
dilukiskan sebagai manusia ideal renaissance Leon Batista Alberti (1404-1472),
secara tegas berani mengatakan “Man can do all things if they will”. Renaissance mengajarkan kepada manusia untuk memanfaatkan
kemampuan dan pengetahuannya bagi pelayanan kepada sesama. Manusia hendaknya
menjalani kehidupan secara aktif memikirkan kepentingan umum bukan hidup
bersenang-senang dalam belenggu moral dan ilmu pengetahuan di menara gading.
Manusia harus berperan aktif dalam kehidupan, bukan sifat pasif seraya pasrah
pada takdir. Namun, manusia menjadi pusat segala hal dalam kehidupan atau
Antoposentrisme.
Manusia renaissance harus berani memuji dirinya
sendiri, mengutamakan kemampuannya dalam berfikir dan bertindak secara
bertanggung jawab, menghasilkan karya seni dan mengarahkan nasibnya kepada
sesama. Keinginan manusia untuk menonjolkan diri baik dari keindahan jasmani
maupun kemampuan intelektual-intelektualnya. Keinginannya itu dituangkan dalam
berbagai karya seni sastra, seni lukis, seni pahat, seni music dan lain-lain.
Ekspresi daya kemampuan manusia terus berkembang sampai saat ini sehingga di
zaman modern ini pun tidak ada lagi segi kehidupan manusia yang tidak
ditonjolkan.
Sesudah mengalami masa kebudayaan tradisional yang
sepenuhnya diwarnai oleh ajaran kristiani. Namun, orang-orang kini
mencari orientasi dan inspirasi baru sebagai alternatif bagi kebudayaan Yunani-Romawi
sebagai satu-satunya kebudayaan lain yang mereka kenal dengan baik. Kebudayaan
klasik ini juga dipuja dan dijadikan model serta dasar bagi seluruh peradaban
manusia.
Kebudayaan Yunanni-Romawi adalah kebudayaan yang
menempatkan manusia sebagai subjek utama Filsafat Yunani, misalnya
menampilkan manusia sebagai makhluk yang berpikir terus-menerus memahami lingkungan
alamnya dan juga menentukan prinsip-prinsip bagi tindakannya sendiri demi
mencapai kebahagiaan hidup (eudaimonia). Kesustraan Yunani, misalnya
kisah tentang Odisei karya penyair Yunani Kuno, Homerus, menceritakan tentang keberanian manusia menjelajahi
suatu dunia yang penuh dengan tantangan dan pengalaman baru.Arsitektur ala
Yunani-Romawi mencerminkan kemampuan manusia dalam menciptakan harmoni dari
aturan hukum, kekuatan, dan keindahan.
Selain itu, kemampuan bangsa Romawi dalam bidang
tehnik dan kemampuan berorganisasi pantas mendapatkan acungan jempol.Semua ini
jelas menunjukkan bahwa kebudayaan Yunani-Romawi memberikan tempat utama bagi
manusia dalam kosmos.Suatu pandangan yang biasa disebut dengan ''Humanisme
Klasik''
Kebudayaan Raissans ditujukan untuk menghidupkan
kembali Humanisme Klasik yang sempat
terhambat oleh gaya berpikir sejumlah tokoh Abad Pertengahan. Hal ini memiliki
kaitan dengan hal yang tadi dijelaskan.Apabila dibandingkan dengan zaman Klasik
yang lebih menekankan manusia sebagai bagian dari alam atau polis (negara-negara
kota atau masyarakat Yunani Kuno) Humanisme Renaissans jauh lebih dikenal
karena penekanannya pada individualisme. Individualisme yang menganggap bahwa
manusia sebagai pribadi perlu diperhatikan.Kita bukan hanya umat manusia,
tetapi kita juga adalah individu-individu unik yang bebas untuk berbuat sesuatu
dan menganut keyakinan tertentu. Kemuliaan manusia sendiri terletak dalam
kebebasannya untuk menentukan pilihan sendiri dan dalam posisinya sebagai
penguasa atas alam (Pico Della Mirandola). Gagasan ini mendorong
munculnya sikap pemujaan tindakan terbatas pada kecerdasan dan kemampuan
individu dalam segala hal.Gambaran manusia di sini adalah manusia yang
dicita-citakan Humanisme Renaissans adalah manusia universal (Uomo
Universale).
3.
Tokoh-Tokoh
Renaissance
a)
Leonardo Da Vinci
Leonardo
dilahirkan di Vinci,Itali, pada tahun 1455 M.Bapanya Ser Piero da Vinci
merupakan tuan punya tanahatau tukang yang kaya, ibunya Caterina, gadis petani.
Iatelah dicadangkan bahawa Caterina merupakan hamba yang berasal dari
Timur Tengah yang dimiliki oleh Piero, tetapitiada bukti kukuh. Zamannya
merupakan zaman sebelumkelaziman penggunaan nama keluarga di Eropah, oleh
itunama penuhnya adalah "Leonardo di ser Piero da Vinci",yang bererti
"Leonardo, anak lelaki Piero, dari Vinci".Leonardo sendiri
menandatangani hasil kerjanya sebagai"Leonardo" atau "Io,
Leonardo" ("Saya, Leonardo"). Denganitu, kebanyakan pakar
merujuk hasil kerjanya sebagai"Leonardos," bukannya "da
Vincis." Kemungkinannya diatidak menggunakan nama bapanya kerana dia anak
luar nikah. Leonardo membesar dengan bapanya
diFlorence. Dia merupakan vegetarian sepanjang hidupnya. Dia
menjadianak murid kepada pelukis Andrea del Verrocchio sekitar tahun1466. Kemudian, dia menjadi pelukis bebas diFlorence.
Pada usia belia, beliau sudah
belajar melukis dengan Andrea del Verrocchio dan mulai melukisdi Firenze. Ada
kabar mengisahkan Verrochio menyatakan pensiun melukis setelah menyaksikan
bahwalukisan muridnya yang satu ini lebih bagus dari lukisannya sendiri. Selain
menjadi pelukis Leonardo juga sanggup menunjukkan kemampuannya di bidang yang
lain. Pada tahun 1481 Leonardo pindah ke Milanuntuk bekerja dengan
Adipati(Duke) di sana.Hasil karyanya selama di Milan yang paling termashur
adalah Kuda Sforza yang dikerjakannya selama kurang lebih 11 tahun. Namun di
situ ia tidak hanya melukis dan membuat patung saja, melainkan juga mengubah
jalan-jalan sungai dan membangun kanal-kanal, serta menghibur Duke dengan
memainkan lut dan bernyanyi. Lalu ia bekerja untuk Raja Louis XII dari Perancis
di Milan dan untuk Paus Leo X di Roma. Sementara itu ia membantu Raphael dan
Michaelangelo dalam merancang katedral Santo Petrus.
Dalam hidupnya Leonardo sangat
tertarik pada ilmu pengetahuan. Ia mulai mempelajari burung terbang dan mulai
merancang mesin terbang. Pemikirannya itu terdapat dalam buku catatanya
sebanyak 7.000 halaman. Didalam buku itu jugaterdapat sketsa tentang studi
tubuh manusia. Pada zaman itu, anatomi tubuh manusia tak lebih dari sekadar
kira-kira karena siapapun dilarang keras membedah jenazah. Dengan kenekatannya
mencuri-curi kesempatan membedah-bedah tubuh orang mati, di kemudian hari
tindakan yang tak lazim dizamannya ini memberikan kontribusi yang sangat besar
bagi dunia kedokteran. Mahakaryanya, Jamuan Terakhir (The Last Supper) pada
tahun 1495 sampai tahun 1497 yang dilukis pada dinding biara Santa Maria di
Milan, kini telah rusak akibat dimakan waktu. Lukisan terkenallainnya adalah
Mona Lisa yang kini terdapat di musium Louvre Paris. Sebuah spekulasi yang
beredartentang siapa sesungguhnya Mona Lisa antara lain menyatakan bahwa citra
perempuan tersebut merupakan hasil rekaan wajah Da Vinci sendiri. Spekulasi
yang lain menyatakan bahwa perempuan tersebut memang pernah ada, seorang isteri
pedagang. Leonardo da Vinci wafat di Clos Lucé, Perancis pada tanggal 2 Mei
1519, dan dimakamkan diKapel St. Hubert di kastel Amboise, Perancis. Setelah
wafatnya, sangat kuat ditengarai bahwa beliaupernah memegang peranan sebagai
orang terkuat di sebuah organisasi rahasia bernama Priory of Sion yang
berlaskarkan Knights Templar
b) Machiavelli
Machiavelli berpendapat bahwa untuk
mencapai tujuan dan mempertahankannya, orang cenderung menghalalkan segala
cara. NiccolòMachiavelli (Florence, 1469-1527), adalah seorang tokoh liberal
terbaik yang dikenal dengan pendapatnya, Il Principe. Dia adalah pendiri realis
filosofi politis yang mendukung pemerintahan republik, angkatan perang negara,
divisi kekuasaan, perlindungan milik perorangan,dan pengekangan pembelanjaan pemerintah
sebagai kebebasan suatu republik. Ia menulis secara ekstensif pada kebutuhan
individu sebagai suatu karakteristik yang penting sebagain pemerintahan yang
stabil. Ia berargumentasi bahwa sebaik-baiknya kebebasan individu masih perlu
dilindungi oleh pemerintah. Dan bahwa orang-orang yang bisa memimpin hukum
dengan benar hanyalah orang-orang yang segala ambisidan keegoisannya bisa
dihilangkan dalam memelihara kebebasannya tersendiri. Dia berpendapat bahwa
realisme adalah pusat gagasan dalam pelajaran politis dan mengutamakan
kebebasan republik (individu) dibawah prinsip. Anti statis kaum liberal melihat
pesan-pesan utama yang dikatakan Machiavelli's bahwa ia berbicara atas nama
suatu status yang kuat dibawah seorang pemimpin kuat, yang menggunakan maksud
apapun untuk menetapkan posisinya, sedangkan liberalisme adalah suatu ideologi
dari kebebasan individu dan aneka pilihan sukarela atau fakultatif. Beberapa
hasil karyanya adalah Il Principe - 1513 dan Discorsi.
Michelange Buonarroti' atau nama
lengkapnya dalam bahasa Italia Michelangelo di Lodovico Buonarroti Simoni
(dalam bahasa Spanyol disebut Miguel Ángel; dalam bahasa Perancis disebut
Michel-Ange, yang kurang lebihberarti Malaikat Mikail) (6 Maret, 1475 - 18
Februari, 1564) adalah seorang pelukis, pemahat, pujangga, dan arsitek zaman
Renaissance. Ia terkenal untuk sumbangan studi anatomi di dalam Seni Rupa.
Karyanya yang dianggap terbaik adalah Patung David, Pietà, dan Fresko di
langit-langit Sistine's Chapel
. Selain itu karya arsiterturnya
bisa dilihat di banyak bangunan di Firenze.Karya-Karyanya adalah:
§ Madonna and Child with the Infant St. John (Taddei Tondo)
§ Putto Dormiente
§ Madonna de La Scalsa
§ Battle of Centaurs
§ Wooden crucifix
§ Bacchus
§ Pietà
§ Patung Studi Hercules
§ Fresko di Langit-Langit Sistine Chapel
§ Patung studi dari beberapa budak
§ Fresko Last Judgement di dinding altar Sistine Chapel.
§ Moses
§ Arsitektur Basilicia of San Lorenzo
§ Patung-patung di pemakaman Basilicia of San Lorenzo
§ Arsitektur Palazzo Farnese
§ Desain arsitektur Basilica St Peterc)
Galileo Galilei
GalileoGalilei
(15 Februari,1564 8 Januari,1642) merupakan ahlinujum, ahlifizik, ahli astronomi dan ahli falsafah yang telah
dikait rapat dengan revolusi sains.
Dilahirkan kepada Vicenzo, seorang ahli muzik yang terkenal, Galileo
berminat mengkaji bintang. Dalamtahun1609, Galileo telah mencipta teleskop
yang pertama. Teleskopnya
telah membantunya mengkaji tompok matahari dan planet Zuhrah. Beliau juga
menemui hukum gerakan pertama dan kedua yang telah memberi sokongan yang
berkesan kepada teori Copernicus. Oleh kerana pencapaian-pencapaianya,Galileo
telah dianugerahkan sebagai "Bapa AstronomiModen", "Bapa Fizik
Moden" serta "Bapa Sains".Kerja ujikajinya telah dianggap
sebagai pelengkapa kepada karya-karya Francis Bacondalam pengasasan kaedah
sains moden. Kerjaya Galileo berbetulan dengan kerjayaJohannes
Kepler . Kerjayanya juga dianggapi sebagai penyimpangan daripada
kerjayaAristotle. Konfliknya dengan Gereja Roman Katolik telah diambil
sebagai contoh awal yang utama bagi konflik antara kuasa dengan kebebasan
pemikiran, khususny adalam bidang sains dimasyarakat Barat.
d) William
Shakespeare
William Shakespeare(4 Mei 1564, 3 Mei 1616 mengikut takwim Gregory) adalah penulis bahasa Inggeris yang
teragung, pengarang kesusasteraan Barat yang amat terkenal, serta dramatis yang
terkemuka di dunia.
Shakespeare mengarang 38 buah drama,
termasuk beberapa buah drama kecil yang mungkin dikarang bersama orang
lain, serta 154 buah puisi soneta dan tiga atau empat buah
puisi panjang. Beliau dipercayai menghasilkan kebanyakan daripada
karyanya antara 1586 dan1616. Zaman Pembaharuan Britishsering kali dikenali
sebagai "TempohShakespeare". Ramai orang telah mengagak kehidupan
Shakespeare dan memperdebatkan adakah orang lain yang mengarangkan sebagian
ataupun kesemua drama dan puisinya.
PENUTUP
KESIMPULAN
Abad Renaisans adalah
sebuah gerakan kebudayaan antara abad ke-14 hingga abad ke-17, bermula di Italia pada akhir Abad Pertengahan dan kemudian menyebar ke seluruh Eropa. Gerakan
ini mencakup kebangkitan pengetahuan berdasarkan sumber-sumber klasik,
tumbuhnya panutan pada Sri Paus dan segala sesuatu yang anggun, perkembangan
gaya perspektif dalam seni lukis, dan kemajuan ilmu pengetahuan. Gerakan Masa
Pencerahan memberikan efek yang luar biasa pada semua usaha untuk mengembangkan
ilmu pengetahuan, tapi mungkin yang paling terkenal adalah kemajuan dari segi
kesenian dan kontribusi dari para polymath (orang yang memiliki ilmu
yang tinggi dalam berbagai macam hal) seperti Leonardo da Vinci dan Michelangelo, yang
menyebabkan munculnya sebutan “Renaissance Men”.
Renaissance berasal dari kata Re (kembali) dan Naitre (lahir).
Jadi, arti renaissance sebenarnya adalah lahirnya kembali orang Eropa untuk
mempelajari ilmu pengetahuan Yunani dan Romawi Kuno yang ilmiah / rasional.
Sebelum Renaissance, bangsa Eropa mengalami jaman kegelapan / The Dark Age.
Dalam jaman itu gereja berkuasa mutlak, ajaran gereja menjadi sesuatu yang
tidak boleh dibantah. Dalam perkembangannya mulai muncul gerakan yang mencoba
melepaskan dari ikatan itu yang disebut gerakan Renaissance. Dalam jaman itu
pula, pemikiran-pemikiran ilmiah tenggelam oleh dogma-dogma Gereja.
Renaissance
adalah sebagai usaha pembaharuan kebudayaan Romawi dan Yunani yang pada masa
abad tengah / masa kegelapan sempat dilupakan, yaitu tipe manusia yang otonom
dan mandiri. Disini Renaissance lahir sebagai pembaharu untuk membentuk manusia
yang mandiri, utuh, otonom, dan bertanggungjawab. Pola pikir abad tengah (
terbelenggu ajaran gereja ; disalahgunakan ) diganti dengan pola pikir rasional
baik SDA maupun SDM nya sehingga manusia bisa berkembang. Ditambah dengan
adanya factor perang salib yang mengakibatkan kekuatan gereja yang semakin
melemah, sehingga memberikan kesempatan untuk mendobrak dominasi gereja dan
kembali ke masa kejayaan seperti pada jaman romawi dan yunani kuno.
Setelah Renaissance, pemikiran orang-orang Eropa
mengalami perubahan di bidang
1. Perubahan pada SDM
a. Perubahan pola pikir emosional menjadi rasional.
Pemikiran yang rasional menjadi dasar
utama / satu-satunya jalan untuk mengungkap rahasia alam, bukan melalui agama.
Agama gereja mulai ditinggalkan.
b. Pada jaman abad tengah, kehidupan di Eropa diatur
oleh ”Theosentris’’ yaitu segala sesuatu berpusat pada kepercayaan. Namun
setelah muncul Renaissance, kehidupan mereka diatur oleh ’’Anthroposentris’’
yaitu segala sesuatu yang dilakukan berpusat pada manusia. Pada abad tengah
mereka percaya pada takdir, tapi pada renaissance mereka percaya pada nasib.
c. Pada jaman abad tengah segala sesuatu dilakukan
secara kolektif. Sebaliknya pada jaman renaissance, segala sesuatu dilakukan
secara individual
d. Pada jaman abad tengah segala sesuatu dilakukan
berdasarkan spiritual. Dan di jaman renaissance, segala sesuatu dilakukan
berdasarkan materi.
2. Perubahan pada Kebudayaannya
Pada perubahan kebudayaan ini yang ditekankan adalah
membentuk manusia yang humanis
XN Slot Review【Link Vào Trang Chủ_SODO66.PH】
BalasHapusXN Slot Review【Link 인카지노 Vào Trang Chủ_SODO66.PH】 【 Casino. NetEnt), XN Slot, Pragmatic Play, Xn Slot, choegocasino Xn Slot, Xn Slot, Xn Slot, Xn 메리트 카지노 고객센터 Slot, Xn Slot, Xn Slot, Xn Slot, Xn Slot